Jun 4, 2012

Tips agar tidak tenggelam di internet

Permasalahan klasik: sampai di kantor, buka email dan browser, lalu tenggelam di internet dan kehilangan waktu produktif.

Mozilla Firefox profile bisa digunakan untuk membantu memanage waktu browing. Caranya, ketik:
firefox -P
dari start > run atau dari console (Linux)
Lalu buatlah profile baru dan rename yang sudah ada (default). Kata "profile" semestinya merujuk ke orang atau user, tapi di komputer yang mempunyai login unik untuk tiap user atau bahkan desktop/laptop pribadi, profile bisa difungsikan untuk mengkategorikan pekerjaan. Maka buatlah 3 profile: work, play, analysis.

30 menit pertama sampai di kantor, ketika badan masih adem-panas karena kebut-kebutan dengan tukang ojek bisa digunakan untuk mainan fb dan email. Maka bukalah Firefox, pilih profile "play". Setelah 30 menit atau persisnya jam 8:30 (sudah termasuk bonus 15 menit karena datang awal), tutup Firefox.

Buka kembali firefox dengan profile "work". Bila koneksi internet baik, bukalah beberapa tabs. Tabs yang penting seperti "perpustakaan" dan Wikipedia bisa di klik kanan dan "pin this tab". Nanti kalau mau pergi makan siang, tutup aja Firefox ini, tanpa menutup serombongan tabs yang masih terbuka.

Kalau belum istirahat makan siang sudah cape, tutup Firefox dan buka kembali dengan profile "analysis". Menganalisa data adalah seperti membuat prakarya. Ia tidak banyak menghabiskan pikiran dan lebih banyak menggunakan kekuatan jari telunjuk diatas mouse dan keyboard. "Pin" tab penting seperti misalnya tutorial Python atau Matlab.

Demikian sekedar share agar tidak tenggelam dengan asiknya dunia fb yang cenderung emosional dan tidak terkait dengan produktivitas.

No comments:

Post a Comment