Jul 6, 2012

Ngantuk Saat Puasa?

Chemistry of ngantuk - sambungan chemistry of happiness.

Siang hari bulan Ramadhan biasanya ditandai masjid penuh .. orang yang tidur habis sholat jamaah. Bagaimana mengurangi volume jamaah yang tiduran ini?

Tidur adalah proses alami karena otak kekurangan oksigen atau tubuh kekurangan energi atau (seluruh) otot mengalami timbunan asam laktat. Yang terakhir, biasanya terjadi pada orang yang habis berolahraga berat. Yang pertama dan kedua ada kaitannya dengan orang tidur di masjid.

Sehabis sahur dan buka puasa, perut kita penuh makanan. Karena itu, otak memerintahkan agar oksigen banyak dikirim ke perut untuk menggerakkan otot (perut usus). Karena itu selepas jamaah Subuh dan Tarawih ngantuk jadi keluhan paling umum. Selepas sholat Dhuhur, logikanya agak berbeda. Tubuh yang mulai kehabisan energi meminta istirahat dengan harapan, stok energi akan naik untuk aktivitas berikutnya. Alasan kedua, udara yang panas kala Dhuhur menjadikan kadar oksigen di udara lebih rendah sehingga normalnya orang butuh tidur, lebih lama. Kalau udaranya dingin, logikanya bukan karena oksigennya kurang, tapi biasanya karena (sisi psikis otak) takut kedinginan alias malas bangun. Maka, masjid juga tetap penuh meskipun sholat jamaah dan ceramah Ramadhan sudah selesai.

Bagaimana mengatasi masalah ini? Karena kita nggak bisa nambah energi dari luar, kita bisa menghelanafas dalam-dalam sebanyak yang diperlukan. Harapannya ada tambahan stok oksigen untuk membongkar cadangan (lemak) menjadi energi. Cara lain adalah dengan berolahraga kecil. Kalau kantornya cukup luas, gak ada salahnya 'gendheng' sebentar lari2 mengelilingi meja. Tapi ini tidak terlalu permanen.

Yang lebih permanen adalah meningkatkan kapasitas oksigen di paru-paru (VO2max). Caranya, kerjakan olah raga berat secara rutin (3-4 kali seminggu), terutama yang terkait dengan kegiatan yang menyebabkan 'ngos-ngosan' seperti naik tangga ke lantai 24. Push-up dan sit up juga bagus sekali karena sekaligus menguatkan/menambah otot dada dan perut dan membantu membongkar timbunan lemak. Berenang adalah yang paling ideal dari bhuanyak sisi.

Ya... kira-kira begitu, Wallahu a'lam. Selamat mempersiapkan Ramadhan yang produktif.

1 comment:

  1. Dengerin suara gemericik air juga menaikkan mood. http://www.youtube.com/watch?v=b2njHW9ydWs&feature=related
    Jadi inget hadits tentang (melihat) air mengalir yang diajarkan sama bos dulu ...
    Subhanallah.

    ReplyDelete