Mar 13, 2011

Polusi di jalanan

Di jurnal hasil riset di Sydney yang kondisinya mirip Jakarta, ada urutan hasil cemaran yang masuk di tubuh. Berikut ini kategori dari tertinggi ke terendah:
  1. Bis kota
  2. Mobil pribadi
  3. Pejalan kaki
  4. Pesepeda
  5. Penumpang kereta api (kemungkinan besar disana menggunakan listrik)
Cross check hasil riset tersebut menggunakan hasil respon tubuhku sendiri, menghasilkan output seperti ini:
  • Naik sepeda dengan masker pabrikan dengan filter karbon dan masker kain biasa tidak mencukupi kalau intakenya udara dibutuhkan besar, seperti pas di tanjakan.
  • Naik sepeda tanpa masker dari rumah ke kantor (25 km), sepertinya belum pernah dicoba.
  • Naik motor tanpa masker kain/pabrikan sampe kantor kepayahan. mungkin karena banyak CO.
  • Naik motor dengan masker kain/pabrikan sampe kantor tidak memunculkan dampak seger/fit seperti kalau naik sepeda.
Hipotesis:
  • Delay yang dibuat oleh masker, kalau parameter utama lelah karena perikatan CO dengan Hb, menimbulkan delay
  • Bahan aktif filter pabrikan dengan karbon aktif tidak signifikan membantu fiksasi CO menjadi CO2 yang mempunyai keterkaitan dengan ikatan udara (O2 vs CO) di Hb.


No comments:

Post a Comment